Jumat, 09 Desember 2016

Manfaat dari mempelajari Mata kuliah Cyber PR

Disemester 3 ini, saya mendapatkan mata kuliah Cyber Public Relation. Taukah kamu tentang Cyber Public Relation? Dan manfaat apa saja yang bisa didapat dari mempelajari mata kuliah Cyber PR ini? Yuk kita pelajari bagaimana belajar tentang mata kuliah Cyber PR ini.

Berhubungan mengenai tentang Cyber Public Relation pasti berkaitan dengan teknologi komunikasi dan informasi yang tentunya memanfaatkan media internet. Dan media internet di indonesia tentunya semakin lama semakin meningkat setiap harinya. karna perkembangan teknologi internet sendiri yang mudah diakses kapanpun dan dimanapun. Internet pada zaman sekarang juga untuk saat ini tidak hanya untuk berkomunikasi saja, tetapi sudah memiliki fungsi luas, internet bisa digunakan untuk sarana jual beli, forum diskusi, berbagi data, dan masih banyak lagi. Bahkan hampir semua kegiatan di dunia nyata bisa saling berhubungan dengan dunia maya atau yang dinamakan dengan internet. Dan pada zaman sekarang ini tidak sedikit perusahaan yang mengunakan media internet untuk menaikan citra atau membentuk citranya di mata public. mereka bisa memanfaatkan nya dengan cara memberikan informasi melalui media internet. ini telah mengubah dengan cara memanfaatkan media. Dengan begitu ini bisa menjadi pemahaman baru untuk menemukan kembali cara mengelola dan memelihara reputasi melalui pendekatan yang dinamakan Cyber PR. maka dari itu para praktisi PR dihadapkan dengan tantangan bagaimana memanfaatkan sebaik mungkin melalui media interaktif ini. pada dasarnya memang fungsi public relation sebagai penghubung komunikasi antara public dengan sebuah perusahaan atau organisasi. Dalam hal ini cyber pr juga menjadi terobosan baru untuk bisa lebih memberikan informasi secara efektif dan efesien menggunakan internet. 
Setelah mempelajari mata kuliah ini, banyak hal yang di dapat mengenai Cyber PR, yang tentunya menjadi lebih tau bagaimana menggunakan atau memanfaatkan media internet. Seorang Public Relation, harus bisa aktif terhadap social media. Karna hampir semua kegiatan berhubungan dengan dunia maya. Yang tentunya agar kita tidak ketinggalan informasi dan tau bagaimana cara menggunakan media internet tersebut.  dimata kuliah cyber PR ini saya belajar bagaimana membuat blog, seperti yang sedang saya kerjakan saat ini. Kita harus menulis peristiwa-peristiwa penting atau hal-hal yang menarik terhadap apa yang kita dapatkan, sehingga orang yang membaca blog kita bisa mendapatkan informasi yang bisa bermanfaat dari apa yang kita tulis. Tentunya ketika kita mempunyai blog, kita harus aktif untuk menulis di blog kita. Setiap hal yang kita dapatkan yang bisa bermanfaat bagi orang lain harus slalu kita update. Itu sekilas dari mempelajari tentang blog di mata kuliah Cyber PR ini.
Mempelajari mengenai mata kuliah Cyber PR juga tidak hanya membuat blog saja, kita belajar bagaimana membuat akun-akun social media lainnya yang dapat kita pelajari dan bermanfaat tentunya. Seperti membuat akun twitter, instagram, facebook, G+, dan masih banyak yang lainnya. Yang sebisa mungkin kita harus punya dan tau bagaimana cara menggunakan akun-akun social media yang sudah ada pada masa sekarang ini. Menggunakan social media juga ada aturan-aturan yang harus dipelajari.
Dalam mata kuliah yang pernah saya pelajari yang berhubungan dengan internet salah satunya adalah media relations, komunikasi multimedia dan cyber pr. Yang kesemuanya itu berhubungan langsung dengan internet. Bagi saya yang jurusan PR mempelajari Cyber PR sangatlah penting selain kita bisa mendapat wawasan yang luas dalam dunia PR kita diwajibkan mengenal yang namanya Cyber PR. Selain pekerjaan kita yang nantinya berhubungan dengan kirim terima email, menulis blog pribadi maupun menulis laporan kegiatan perusahaan di website perusahaan kita, juga dapat bersaing dengan dunia luar dengan cara “berperang melalui internet”. Dalam pengalaman saya mendapatkan mata kuliah Cyber PR, banyak sekali hal bermanfaat yang saya peroleh. Memanfaatkan internet secara efektif, etiket dalam berinternet sampai membuat blog yang menarik adalah salah satu hal bermanfaat jika mempelajari ketiga mata kuliah yang saya sebutkan tadi, termasuk Cyber PR.
 Manfaat yang diperoleh tidak cuma itu saja melainkan apabila kita memaksimalan Cyber PR dalam perusahaan adalah informasi cepat sampai karena kita menggunakan internet sebagai media komunikasi dengan dunia luar dan tidak terbatas oleh ruang dan waktu serta siapapun dapat mengakses internet.

Itu tadi sekilas tentang mempelajari mata kuliah Cyber PR di demester 3 ini.

0 komentar:

Posting Komentar